Tahapan yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa Rumah di Palembang

Tahapan yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa Rumah di Palembang! Siapa yang tidak tahu kota asal makanan empek-empek? Kota yang terkenal dengan kebersihannya ini tentunya mengundang rasa penasaran pengunjung. Selain itu, keindahan dan keunikan kota yang berada di sebelah selatan Sumatera ini juga membuat pendatang ingin terus tinggal di sana.

Sewa Rumah di Palembang
Sewa Rumah di Palembang

Baca juga artikel lain di : https://gianmiftah.blog.institutpendidikan.ac.id/

Sayangnya, tidak semua pendatang di kota Palembang sudah menyiapkan segala hal agar bisa langsung tinggal di kota tersebut. Tempat tinggal menjadi hal yang harus dipikirkan sebelumnya. Tidak masalah jika sudah memiliki tanah atau rumah di kota tersebut, tapi bagaimana jika belum punya? Pilihan terbaik adalah dengan sewa rumah di Palembang.

Sewa rumah di Palembang menjadi alternatif karena harganya lebih terjangkau daripada sewa apartmen. Terlebih lagi, keleluasaannya juga tidak terlalu jauh dari apartemen. Namun, bagi yang masih pemula atau belum pernah menyewa rumah di Palembang, ada tahapan yang harus diperhatikan, nih.

Lihat Anggaran atau Budget yang Dimiliki

Inilah yang harus diperhatikan yang paling utama sebelum menyewa rumah. Jangan langsung menunjuk rumah yang ingin disewa, tapi pastikan dulu budget yang Anda punya.

Dengan mengetahui anggaran yang bisa dibayarkan untuk sewa rumah di Palembang maka Anda tahu rumah seperti apa yang bisa didapatkan. Nah, usahakan budget yang disediakan tidak melebihi penghasilan Anda. Kalau bisa malah kurang dari sepertiga penghasilan Anda setiap bulannya.

Carilah Rumah Sewa yang Sesuai dengan Anda

Nah, setelah Anda mengetahui anggaran yang dapat digunakan untuk menyewa rumah maka saatnya memilih rumah. Usahakan untuk menyewa rumah yang Anda anggap nyaman jika tinggal di sana. Jika sekiranya kurang sreg, ada baiknya pilih saja yang lain. Sedangkan jika Anda menggunakan jasa agen sewa rumah, usahakan perluas pencarian Anda. Jangan berpangku pada satu agen saja.

Survei Tempat

Umumnya, jika Anda sewa rumah di Palembang langsung pada pemilik aslinya maka Anda akan langsung ditunjukkan rumah yang akan disewakan. Namun, tidak dengan agen, yang akan terlebih dahulu memperlihatkan profil serta gambar yang akan disewakan. Begitu juga jika Anda mendapatkannya dari media online. Maka dari itu, Anda harus mensurvei langsung tempatnya. Sudah sesuaikah dengan keinginan Anda, dari mulai lokasi, keadaan rumah, keamanan, dan sebagainya?

Siapkan Alternatif Pilihan

Nah, tahapan ini sangat berguna ketika setelah mensurvei langsung rumah yang akan disewakan dan hasilnya kurang memuaskan. Jadi, Anda masih punya beberapa pilihan rumah sewaan yang sekiranya sesuai dengan Anda. Maka dari itu, jangan berfokus pada satu rumah saja. Dengan begitu, presentase rumah sewaan tersebut sesuai dengan keinginan Anda juga semakin tinggi, ‘kan?

Negosiasikan Harga Sewa Rumah

Tahu salah satu prinsip jual-beli? Ya, itu adalah tawar-menawar. Bukan berlaku pada barang tertentu saja, tapi juga dalam menentukan harga sewa rumah di Palembang. Jadi, dalam hal ini Anda harus pandai-pandainya bernegosiasi. Ini bertujuan agar harga sewa rumah yang akan disewakan menurun atau lebih rendah dari harga awalnya.

Tanda Tangan Kontrak Sewa Rumah

Nah, ini adalah tahapan terakhir setelah rumah yang sesuai dengan keinginan Anda ditemukan dan harga sewa sudah disepakati. Memang mayoritas dalam menyewa rumah lebih sering mengandalkan saling percaya saja. Namun, sebaiknya jangan lakukan hal tersebut, harus ada kontrak yang jelas dan ditandatangani keduabelah pihak. Adapun isi dari kontrak tersebut perihal rumah yang akan disewakan, harganya, serta kesepakatan lainnya. Ini berfungsi sebagai bukti jika kelak ada masalah yang berkaitan dengan hal tersebut.

Nah, itulah tahapan yang harus diperhatikan dan minimal dilalui sebelum sewa rumah di Palembang. Jadi, tidak bingung harus bertindak seperti apa lagi, ‘kan? Namun, ada baiknya memilih lokasi rumah yang cukup strategis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*