Ini Dia Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen, Anda Harus Tahu!  

Ini Dia Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen, Anda Harus Tahu! Dunia saham memang mengundang minat banyak orang. Investasi ini merupakan bentuk investasi jangka panjang yang bisa memberi keuntungan berlipat-lipat dari modalnya. Karena itulah, tidak heran jika dewasa ini banyak sekali orang yang terjun untuk menjadi investor saham.

perbedaan saham biasa dan saham preferen
perbedaan saham biasa dan saham preferen

Baca juga artikel lain di : https://gianmiftah.blog.institutpendidikan.ac.id/

Apakah Anda juga berminat untuk berkecimpung di dalamnya? Tentu, sebelum itu Anda harus tahu lebih dulu perbedaan saham biasa dan saham preferen. Kenapa? Karena kedua jenis saham ini mempunyai perbedaan yang signifikan, juga kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Penasaran apa perbedaan saham biasa dan saham preferen? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Mengenal Apa Itu Saham Biasa

Perbedaan kedua jenis saham ini juga terdapat pada pengertian saham itu sendiri. Jika Anda masih awam dengan jenis saham ini, Anda bisa lho, belajar di analisafundamental.com dan bergabung dengan ribuan trader sukses di dalamnya. Di sini akan dijelaskan sedikit mengenai saham biasa tersebut.

Saham biasa merupakan sertifikat yang fungsinya sebagai bukti kepemilikan perusahaan yang mempertimbangkan aspek-aspek penting dari perusahaan tersebut. Dengan memiliki saham ini, maka pemilik saham berhak menerima pendapatan tetap dari perusahaan yang bersangkutan. Tak hanya itu, si pemilik saham juga punya kewajiban untuk menanggung risikonya jika suatu saat perusahaan tersebut mengalami kerugian. Inilah perbedaan saham biasa dan saham preferen yang mendasar. Jika Anda memiliki saham perusahaan ini, maka Anda juga berhak ikut andil dalam pengelolaan perusahaan tersebut.

Tentunya, hal itu sesuai nilai saham yang Anda tanamkan di sana, ya. Semakin banyak saham yang dimiliki, akan semakin besar pula kontrol atau pengaruh Anda di perusahaan, dan sebaliknya. Selain itu, Anda juga memiliki beberapa hak dasar sebagai pemilik dari saham biasa. Hak dasar tersebut yaitu hak untuk turut serta memberi suara dalam pemilihan direksi perusahaan dan penentuan kebijakan. Satu lagi, yakni Anda juga berhak menjaga kepemilikan saham supaya terus proporsional dengan pembelian tambahan saham.

Bagaimana, sudah sedikit ada gambaran bukan, tentang saham biasa ini?

Mengenal Saham Preferen

Sebelum lebih jauh menilik perbedaan saham biasa dan saham preferen selanjutnya, tentu Anda harus tahu dulu apa itu saham preferen. Saham preferen merupakan saham yang pemiliknya lebih berhak memiliki dibandingkan saham biasa. Jika Anda adalah salah satu pemegang saham preferen, maka Anda akan mempunyai hak suara yang lebih besar dibanding para pemegang saham biasa. Namun, perlu juga diketahui bahwa risiko yang akan ditanggung pun lebih besar pula. Kabar gembiranya, Anda sebagai pemegang saham preferen akan mendapat omset yang lebih tinggi dibanding investasi saham yang ditanamkan.

Dari sini sering muncul anggapan bahwa saham preferen lebih baik dari saham biasa. Padahal bukan begitu, hanya memang memiliki perbedaan yang mendasar saja. Kenyataannya, cara yang paling baik untuk melihat saham preferen adalah bahwa pemilik saham melepas hak milik tersebut untuk mendapat perlindungan pada kreditur. Hak milik yang biasanya dilepas oleh pemegang saham ini, seperti pada persoalan deviden. Biasanya, deviden yang akan diterima pemilik saham ini akan mempunyai jumlah yang tetap dan kontinyu. Selain itu, saat pengembalian investasi para pemegang saham preferen ini juga akan didahulukan prioritasnya.

Nah, itulah sedikit gambaran tentang perbedaan saham biasa dan saham preferen. Dari perbedaan yang sudah dipaparkan di atas, manakah yang lebih membuat Anda tertarik? Apa pun jenis sahamnya, semoga kesuksesan selalu menyertai Anda!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*