Pengertian, Parameter dan Aneka Ilmu Meteorologi  

Pengertian,Parameter dan Aneka Ilmu Meteorologi! Perubahan cuaca yang terjadi akhir-akhir ini membuat lembaga BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) meningkatkan kewaspadaannya. Mereka mencatat dan mengamati segala aktivitas suhu udara, tekanan udara, angin, curah hujan dan aktivitas awan.

ilmu meteorologi
ilmu meteorologi

Baca juga artikel lain di : https://gianmiftah.blog.institutpendidikan.ac.id/

Hasil data tersebut diinformasikan kepada seluruh masyarakat melalui media dengan sebutan prakiraan cuaca. Masyarakat sangat terbantu dengan adanya informasi tersebut karena bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap segala sesuatu efek negatif akibat adanya kondisi cuaca yang ekstrim. Untuk lebih jelasnya, berikut informasi mengenai ilmu yang mempelajari mengenai cuaca berikut ini.

Pengertian Meteorologi

Kata meteorologi berasal dari bahasa Yunani yaitu meteoros yang artinya ruang atas atau atmosfer dan logos yang berarti ilmu. Ilmu meteorologi adalah salah satu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang ciri-ciri kimia dan fisik atmosfer untuk meramalkan keadaan cuaca di lokasi tertentu secara khusus dan di seluruh dunia pada umumnya.

Pengertian lain dari meteorologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang gejala perubahan cuaca yang berlangsung di atmosfer, terutama pada lapisan bawah yaitu troposfer. Aktivitas tersebut terikat dengan berbagai variabel yang ada pada atmosfer bumi, seperti tekanan udara, temperatur, uap air dan gradien interaksi setiap variabel serta bagaimana variabel tersebut berubah seiring berjalannya waktu.

Macam Meteorologi

Dengan kata lain, dari pengertian di atas bisa disimpulkan bahwa meteorologi bisa diartikan sebagai ilmu tentang atmosfer. Selain pengertian meteorologi, pada freedomnesia juga menjelaskan tentang aneka Ilmu bidang meteorologi yang terdiri dari:

  • Meteorologi Sinoptik

Yaitu ilmu meteorologi yang mempelajari gejala atmosfer yang mencakup tentang deskripsi, analis peta cuaca serta perkiraan pergerakan atmosfer pada skala besar untuk keperluan ramalan cuaca.

  • Meteorologi Fisik

Yaitu meteorologi yang membahas mengenai komposisi dan struktur atmosfer, akustik dan pemindahan radiasi elektromagnetik dalam atmosfer, serta segala proses fisik yang terjadi dalam pembentukan awan, listrik, presipitasi dan beberapa fenomena lain yang berkaitan erat dengan ilmu kimia dan ilmu fisika.

  • Meteorologi Dinamik

Yaitu Ilmu meteorologi yang mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan gejala atmosfer dari sisi kedinamisan. Pendekatan yang digunakan dalam ilmu yang satu ini adakah pendekatan analitis berdasarkan pada prinsip-prinsip dinamika fluida.

  • Meteorologi Terapan

Yaitu aplikasi meteorologi yang berhubungan dengan penggunaan data,  ramalan cuaca dan analisis berbagai bidang ilmu yang berkaitan erat. Misalnya urban meteorology, meteorologia satelit,  building meteorologia, agrometeorologia, biometeorology, rural meteorologie, marine meteorology,  meteorologia kesehatan. meteorologi aeronautika dan lain-lain.

Parameter Meteorologi

Ilmu meteorologi sangat bergantung pada aktivitas yang disebut pengamatan atau observasi. Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan data dari parameter-parameter yang berpengaruh pada perubahan cuaca. Data tersebut kemudian dianalisis kembali sehingga menghasilkan perkiraan cuaca yang bermanfaat untuk diterapkan di segala bidang kehidupan. Beberapa parameter yang diamati antara lain adalah:

– Angin (Wind)

– Penguapan (Evaporation)

– Cuaca (Weather)

– Suhu (Temperature)

– Awan (Cloud)

– Hujan (Rain)

– Penglihatan mendatar (Visibility)

– Tekanan (Pressure)

– Kelembaban (Humidity)

– Penyinaran matahari (Sun)

Dari informasi diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa ilmu meteorologi merupakan salah satu bidang ilmu dalam mempelajari segala perubahan cuaca yang sedang berlangsung di atmosfer. Dari meteorologi ini masih terbagi lagi dalam beberapa cabang ilmu yaitu sinoptik,fisik, dinamik dan terapan. Kegiatan meteorologi ini juga sangat bergantung pada kegiatan observasi pada beberapa parameter. Dari hasil pengamatan tersebut akan diolah kembali sehingga menghasilkan data yang bisa bermanfaat untuk setiap aspek kehidupan masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*