Manfaat Sehat Sawi Hijau Serta Kandungannya

Manfaat sehat sawi hijau serta kandungannya! Sawi hijau merupakan salah satu sayuran atau bahan makanan yang kaya akan manfaat bagi tubuh manusia, atau dikenal juga dengan sebutan caisin. Untuk itu, berikut ini beberapa manfaat sehat sawi hijau jika dikonsumsi oleh manusia.

sawi hijau
sawi hijau

Baca juga artikel lain di : https://gianmiftah.blog.institutpendidikan.ac.id

Mencegah Penyakit Kanker

Seperti yang kita tahu, mengkonsumsi sayuran secara rutin memang dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran memiliki banyak manfaat, salah satunya selalu dikaitkan menjadi alat pencegah adanya penyakit kanker. Seperti sawi hijau, sayuran yang satu ini dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh dari kanker paru-paru dan kolorektal.

Dalam sawi hijau terdapat senyawa dengan kandungan sulfur yang biasa dikenal dengan glucosinolates, yang mana telah dipercaya mampu menghambat adanya proses perkembangan kanker seperti kanker paru, kanker payudara, kolorektal, hingga prostat. Bahkan dalam studi baru juga disebutkan kandungan dalam sawi hijau memungkinkan mampu mencegah melanoma, kanker pankreas, dan kanker kerongkongan.

Menurunkan Diabetes

Sawi hijau juga mengandung manfaat antioksidan yang sangat kita perlukan. Antioksidan seperti alphalipoic acid di dalamnya terbukti mampu membuat kadar glukosa menjadi lebih rendah, meningkatkan sensitivitas insulin serta mencegah oksidatif stres yang biasanya terjadi pada penderita diabetes.

Perlu diketahui bahwa sawi hijau rebus dalam satu cangkir, memiliki kandungan 8 gram serat. Serta saran konsumsi idealnya antara 30-38 gram/hari untuk pria, serta 21-25 gram/hari untuk wanita. Sayur ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi terutama bagi penderita diabetes.

Baik untuk Tulang

Ketahuilah bahwa dalam satu cangkir rebus sawi hijau juga memberikan 770 mikrogram Vitamin K, yang bagus bagi kesehatan tulangmu, yang dibutuhkan setiap harinya. Resiko patah tulang, tulang rapuh dan kerusakan tulang lainnya disebabkan oleh kurangnya kadar Vitamin K dalam tubuh.

Sawi hijau dapat bermanfaat untuk mengubah protein matriks tulang, mengurangi terjadinya ekskeresi klasium, serta mampu meningkatkan penyerapan kalsium dengan baik.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Karena memiliki beragam manfaat, sawi hijau ini juga memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kulit. Selain itu, di dalam sayuran ini memiliki nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum, yang bermanfaat bagi kelembaban rambut.

Juga terdapat Vitamin C yang bermanfaat untuk memelihara kolagen serta memberikan struktur pada kulit dan rambut agar menjadi sehat. Bahkan dalam satu cangkir sawi hijau rebus saja memiliki lebih dari 50% kebutuhan sehari-hari kita.

Kandungan Sawi Hijau

Dalam 100 gram sawi hijau memiliki beragam nutrisi yang penting bagi tubuh. Salah satunya adalah kandungan Mineral, dimana ada Kalsium 123 miligram, Fosfor 40 miligram, Zat Besi 1.9 miligram, Natrium 18 miligram, Kalium 358.2 miligram. Selain itu juga terdapat beberapa Vitamin dan Antioksidan, seperti Karoten 1.675 mikrogram, Vitamin B1 0.04 miligram, Vitamin B2 0.19 miligram, Niasin 0.6 miligram, serta Vitamin C 3 miligram.

Lalu terdapat Makronutrien, dimana terdapat Energi sebesar 20 Kalori, Protein 1.7 gram, Lemak 0.4 gram, Karbohidrat 3.4, serta Serat 1.2 gram. Itulah kira-kira beberapa kandungannya. Jika Kamu berniat untuk mengkonsumsi sayuran ini secara rutin, bisa diolah menjadi berbagai macam sajian yang beragam agar tidak mudah bosan. Kamu bisa memasaknya menjadi sayuran, oseng-oseng, pelengkap makanan, bahkan bisa dibuat menjadi jus.

Itulah penjelasan tentang kandungan manfaat luar biasa dalam sawi hijau, yang baik untuk segala jenis kebutuhan dan kesehatan tubuh manusia. Jika sudah tahu, yuk jaga kesehatan dengan rajin mengkonsumsi berbagai makanan sehat, salah satunya dengan sawi hijau ini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*