Perkembangan Teknologi yang Semakin Cepat

Perkembangan dan berkembang semakin cepat. Perkembangan teknologi sekarang ini bahkan mampu melebar dan mempengaruhi pada berbagai bidang. Pasalnya, di era ini banyak terjadi perubahan-perubahan besar di segala lini sehingga menuntut berbagai elemen untuk bersiap menghadapi era teknologi tersebut, termasuk pendidikan.Termasuk dalam pembelajaran dan pendidikan yang mampu menghasilkan produk-produk dan metode-metode ataupun penemuan baru yang revolusioner dalam dunia pendidikan yang berbasis teknologi.

Kemajuan teknologi tak hanya mempengaruhi perusahaan saja, tetapi perguruan tinggi pun akan terkena dampak kemajuan teknologi apabila tidak segera menyesuaikan dan melakukan perubahan. sejumlah perubahan yang akan terjadi di era kemajuan teknologi, salah satu yang berdampak bagi masyarakat adalah pekerjaan yang terancam hilang karena digantikan oleh mesin. Oleh sebab itu, lanjut dia, sumber daya manusia harus dipersiapkn untuk menghadapi datangnya era kemajuan teknologi tersebut.

Teknologi 3D digital printing sendiri, misalnya, akan memungkinkan peneliti bisa mencetak alat penelitiannya secara presisi menggunakan 3D digital printing. Kemudian, teknologi distance learning akan membuat pengalaman kuliah online seakan-akan kuliah di dunia nyata dengan menggunakan teknologi virtual and augmented reality.

Selanjutnya, konsep permainan online (gamification) di dalam dunia pendidikan bisa dipakai para pendidik untuk membangun motivasi di kelas-kelas sehingga mahasiswa lebih terpacu untuk aktif di kelas dalam menggunakan metode pembelajaran tersebut.

Penggunaan komputer yang merupakan kunci utama sekaligus produk teknologi juga dapat dengan mudah diterapkan dalam pendidikan,bermain game idn poker dan pembelajaran. Penggunaan komputer memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki produk lainnya. Komputer dapat berperan banyak dalam pendidikan mulai sebagai sumber belajar, media pembelajaran, evaluasi hingga manajemen pendidikan dan pembelajaran.

 

Produk teknologi berbasis komputer sudah banyak ditemui dan makin banyak diterapkan dalam berbagai hal seperti berikut :

  • Dapat digunakan secara acak, sekuensial maupun secara linear.
  • Dapat digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bukan saja dengan cara yang direncanakan dan diinginkan oleh perancang.
  • Gagasan-gagasan sering disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman siswa, menurut apa yang relevan dengan siswa dan dibawah pengendalian siswa.
  • Prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan pelajaran.
  • Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika pelajaran itu digunakan.
  • Bahan-bahan pelajaran melibatkan banyak interaktivitas siswa

Produk teknologi berbasis komputer tentu dapat diterapkan dalam pembelajaran, beberapa bahkan memang diciptakan memang dikhususkan untuk digunakan dalam pembelajaran.

Contoh hardware yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran misalnya komputer atau laptop, proyektor, dan jenis-jenis media pembelajaran berbasis teknologi komputer lain. Sedangkan contoh perangkat lunak atau software yang mampu digunakan untuk merancang atau secara langsung sebagai media pembelajaran misalnya Microsoft Power Point, Encarta, Macromedia Captivate, dan masih banyak lainnya :

  • Dapat digunakan secara acak, non-sekuensial maupun secara linear.
  • Dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkan keinginan perancang atau pengembang sebagaimana direncanakannya.
  • Biasanya gagasan-gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan kata, simbol, grafik.
  • Prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media pembelajaran dari teknologi berbasis komputer ini.
  • Pembelajaran dapat berorientasi siswa dan melibatkan interaktivitas siswa yang tinggi.

Teknologi berbasis komputer telah memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam dunia pendidikan dan khususnya pada proses pembelajaran untuk dijadikan media pembelajaran. Perkembangan teknologi yang makin pesat juga sangat memungkinkan untuk terciptanya produk unggulan dari teknologi berbasis komputer agar dapat diterapkan sebagai media pembelajaran yang tentunya mampu menjadikan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*