4 Cara Menetukan Segmentasi Pasar

Menentukan Segmentasi Pasar – Ilmu marketing dan bisnis selalu mengajarkan tentang segmentasi pasar. Begitu pentingnya hal ini maka segmentasi pasar harus ditentukan sejak awal ketika membuat bisnis plan.

Salah menentukan segmen bisa berakibat salah strategi pemasaran. Salah strategiu p[emasaran akan berakibat pada penjualan yangf rendah.

Maka dari itu, dalam menyusun sebuah rancangan bisnis anda harus mampu menganalias segmen yang sesuai dengan produk anda miliki.

Jika segmen sudah didapat, barulah menentukan strategi marketing yang tepat dengan konten konten yang tepat pula. Jika nda ingin belajar strategi marketing yang tepat anda dapat belajar di Program Kilat Sintesa yang dipimpin langsung Mas Ibrahim Vatih.

Berikut adalah Cara menentukan segmentasi pasar.

  1. Demografi

Tahap pertama dalam menentukan segmentasi pasar adalah menentukan karakteristik demografi. Penentuan demografi ini adalah strategi dasar dalam menentukan segmen pasar. Mengetahui demografi akan membantu anda mempelajari karakteristik calon konsumen yang anda harapkan. Ada beberapa indikator dan cara menentkan segmentasi pasar berdasarkan demografi.

  • Usia : mentukan target usia adalah hal yang mendasar ketika anda harus memasarkan produkl anda, karena usis akan menggambarkan kebutuhan dari calon konsumen. Orang ttua dan anak muda tentu memiliki selera dan pemikiran yang berbeda dan inilah mengapa penentuan usia dibutuhkan.
  • Jenis Kelamin : Hal mendasar selanjutuanya adalah Jenis kelamin. Agar biaya marketing lebih efisien maka jangan lupa menentukan gender atau jenis kelamin target pasar anda.
  • Marital Status: Status marital untuk beberapa produk sangat dibutuhkan. Jangan samapai terlewatkan. Contoh kasus, dalam pemilihan mobil orang orang yang sudah menikah atau sudah berkeluarga biasanya lebih memilih family car dibandiung sedan.
  • Pekerjaan : Jenispekerjaan seseorang bisa jadi merupakan salah satu indikator yang perlu diperhatikan. Pekerja kantoran atau pekerja lapang membutuhkan seragam dan perlengkapan yang berbeda.
  • Jumlah Keluarga : Sekali lagi keluarga bisa menjadi uindikator untuk beberapa jenis produk
  • Agama : Produk produk yang berhubungan dengan aktivitas keagamaan tentu perlu memperhatikan ini.
  • Pendidikan : Tingkat pendidikan juga akan mempengaruhi lifestyle seseorang.
  • Jumlah Pendapatan : Ini adalah indikator paling penting. Kemampuanorang untuk membeli produk tentu dipengaruhi jumlah pendapatan seseorang.
  1. Behavior

Perilaku seorang calon konsumen sangat menjadi penting ketika menentukan segmen pasar yang anda butuhkan. Ada orang yang bergaya hidup boros, ada yang hemat, ada yang seperlunya, ada juga yang suka barang barang mewah. Jika anda sudah tau segmen mana yang ingin anda tuju, yang perlu anda lakukan tinggal menyesuaikan karakteristik produk anda sesuai segmen anda. Hal ini akan sangat membantu anda ketika melakuakn promosi produk dan p[engenalan produk ke calon konsumen.

  1. Psikografis

Psikografis adalah menentukan segmen melalui karakteristik psikologi seseorang. Jika anda benar benar mau mendalami karakteristik calon konsumken anda mungkin anda perlu mencoba mempelajari cara mengidentifikasi psikografis seseorang

  1. Segmentasi Geografis

Yang terahir adalah segmentasi berdasarkan geografis konsumen. Tempat tinggal seseorang bisa cukup berpengaru dalam menentukan segmen pasar yang tepat. Jauhnya tempat tinggal konsumen dari sumberdayayang anda miliki akan menusahakan anda dan konsumen. Bahkan akan meningkatkan waste atau pemborosan biaya marketing.

Walau sudah ada jasa pengiriman baraqng lengkap dengam nomor cek resi. Tetap saja semakin luas jangkauan geografis semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu belum tentu para calon pembeli akan tertarik untuk membeli karena faktor jarak tempuh.

Kesimpulan

dari ke 4 indikator utama tersebut anda perlu benar benar mempelajari karakteristik produk, karakteristik konsumen bahkan karakteristik pesaing yang terlebih dulu masuk ke bidang bisnis tersebut. Pastikan segmen anda sudah tepat barulah melakukan marketing sesuai dengan segemn yangsudah ditentukan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*