4 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Ikan Salmon – Sudah pernah mengkonsumsu salmon sebelumnya.? Salmon seringkali menjadi menu favorit restoran jepang. Keunikan rasa dan karakter ikan salmon memang berbeda dari ikan ikan kebanyakan. Sangking enak dan uniknya rasa dari ikan salmon, masih banyak orang yang membeli menu salmon walaupun harganya jauh diatas rata rata ikan di Indonesia.

Salmon terkenal karena tekstur dagingnya yang sangat lembut. Bahkan sangking lembutnya daging ikan salmon mentah bisa larut begitusaja didalam mulut. Salmon memang seringkali di konsumsi mentah mentah atau dikonsumsi setengah matang dengan membakar permukaan dagingnya.

Para penggemar ikan salmon rela membayar mahal hanya untuk merasakan sensai daging ikan yang tidak dapat ditemukan dilautan Indonesia ini.

Nah…, Fakta menarik lainnya dari ikan salmon adalah manfaatnya bagi kesehatan kulit kita. Ternyata ikan salmon menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehata kulit. Simaklah beberapa manfaat sikan salmon bagi kulit dan baca juga healthida

1. Obat Radang Kulit

Sudah bukan rahasia lagi bahwa salah satu makanan penghasil Omega 3 terbaik adalah ikan Salmon. Kandungan omega 3 ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia mulai dari jantung, otak, dan lain sebagainya. Setelah menjalani berbagai manac penelitian ternyata ditemukan bahwa omega e juga bagus bagi kesehatan kulit. Lebih tepatnya sebagai anti radang. Menurut beberapa dokter dari amerika dan miami, omega tiga mampu mengurangi atau menenagkan kulit yang sedang meradang, dengan kata lain Omega 3 pada ikan salmon dapat dijadikan obat radang pada kulit. Mengkonsumsinya secara rutin dapat meminimalisir terkenanya kanker kulit.

2. Melembabkan Kulit

Dikutip dari Huffington, Melda Isaac seorang dokter amerika asal wasington DC, menyatakan bahwa kandungan lemak omega 3 pada ikan salmon ternyata mapu melembabkan kulit.

Kulit sendiri sebenarnya sedah memiliki lapisan lemak sendiri yang berfungsi sebagai lapisan pelindung kulit dari matahari maupun dari paparan polusi, Jika kulit manusia kekurangan lemak pelindung pada kulit maka kulit akan terkenalangsung paparan polusi, udara kotor, dan snar UV. Akibatnya kulit menjadi kering dan tidak sehat. Maka dari itu lmanfaat ikan salmon salah satunya adalah menjaga kesehatan dan kelembapan kulit.

3. Mencegah Efek Radiasi Sinar UV Matahari

Ternyata tidak hanya omega 3 pada daging ikan salmon. Manfaat daging ikan salmon selanjutnya berasal dari kandungan vitamin D pada ikan salmon. Vitamin D sendiri berfungsi sebagai anti radiasi dari nsinar UV matahari. Kita tahu bahwa sinar UV matahari dapat merusak kesehatn kulit manusia. VitaminD juga bagus untuk pertumbuhan dan regenerasi sel kulit. Tidak hanya itu, Vitamin D ternyata juga dapat melindungi kulit terhadap radikal bebas.

4. Bikin Awet Muda

Percaya nggak Salah satu manfaat dari ikan salmon adalah menbuat kita awet muda? Ternyata jika ditelusuri, salah satu penyebab terjadinya penuaan adalah kulit yang mulai keriput. Keriputnya kulit ini disebabkan oleh peradangan kulit dalam bentuk perusakan kolagen dan elastin. Hal ini lah penyebab terjadinya penuaan.

Ada studi yang berasal dari jepang yang diterbitkan oleh jurnal Acta Biochimica Polonica. Kandungan astaxanthin  dalam ikan salmon ternyata mampu secara alami menjaga kulit tetap awet muda dari dalam. Zat ini merupakan zat anti radang sekaligus antioksidan pada daging ikan salmon yang baik untuk kulit.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa zat astaxanthin  pada salmon ternyata dapat merangsang produksi kolagen pada kulit. Hal ini akan bermanfaat bagi sesehatan kulit dan kekenyalan kulit itu sendiri. Semakin banyak kolagen yang diproduksi akan semakin membantu dalam mengurangi keriput, melembabkan, mengencangkan, bahkan mampu menghilangkan bintik bintik flak hitam pada kulit

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*