Macam-macam Gaya Renang dan Tekniknya!

Macam-macam Gaya Renang dan Tekniknya! Olahraga air saat ini sangatlah digemari. Dengan banyak jenis dan teknik yang bisa dilakukan, renang masih menjadi cabang olahraga yang masih digeluti banyak orang. Selain karena dapat menyehatkan baik fikiran dan juga mental, olahraga satu ini juga menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan baik dalam turnamen lokal ataupun internasional.

Namun, meskipun olahraga air ini menyenangkan untuk dilakukan. Kamu juga harus memiliki keahlian dan juga teknik tertentu. Jika tidak ada keahlian atau teknik khusus, bisa saja tenggelam. Teknik dasar renang sendiri ada pernafasan, meluncur, mengambang, dan teknik lainnya. Kali ini kita akan membahas macam-macam gaya atau gerakan renang.

Renang Gaya Dada

Macam-macam gaya renang yang pertama ialah gaya dada atau gaya katak. Mengapa disebut demikian? Karena teknik seperti gerakan katak. Teknik untuk gaya ini sendiri terletak pada kekuatan tangan dan kaki. Kemampuan tangan serta kaki yang kuat untuk mendorong tubuh agar dapat bergerak sangatlah diperlukan. Untuk lebih jelasnya, bayangkan saja katak yang sedang berenang.

Selain itu, pernafasan yang baik juga penting agar kamu bisa seimbang saat bergerak di dalam air dengan mulus. Untuk mengambil nafas pada gaya dada, kamu perlu menggunakan kedua tangan agar dapat mendorong tubuh ke bagian bawah saat kepala naik untuk mengambil nafas. Gaya renang satu ini juga cocok dilakukan saat santai, lho!

Renang Gaya Bebas

Macam-macam gaya renang berikutnya ialah gaya bebas. Teknik untuk gerakan ini sendiri tidaklah sulit, kamu memerlukan kebebasan dalam gerakan kaki dan juga tangan agar tubuh dapat meluncur cepat. Meskipun dinamakan gerakan “bebas”, namun untuk gaya renang ini sendiri memiliki beberapa aturan. Tekniknya sendiri dilakukan dengan posisi badan di atas permukaan air, lalu tangan mengayuh ke depan dan kaki menendang seperti gerakan menggunting.

Jika pada renang gaya katak kamu harus mengangkat kepala ke atas agar dapat mengambil nafas, maka di gaya bebas kamu harus menggerakkan kepala ke bagian samping. Gelengkan kepala baik kanan atau kiri untuk bisa menarik nafas.

Renang Gaya Kupu-kupu

Gaya berikutnya yang akan kita bahas ialah gaya kupu-kupu. Teknik ini sendiri merupakan pengembangan dari gaya dada. Macam-macam gaya renang satu ini mirip seperti lumba-lumba, dengan tumpuan kekuatan pada lengan. Gerakannya saat masuk ke dalam air seperti lumba-lumba, kemudian keluar saat tangan didorong ke bagian bawah untuk mengambil nafas. Posisi kaki pun haruslah lurus dan ikut bergerak seirama dengan gerakan tubuh dan tangan.

Kecepatan gerakan gaya kupu-kupu sendiri bisa dibilang melebihi gaya bebas. Hanya saja, jelas membutuhkan tenaga ekstra karena baik tangan dan juga kaki harus terus bergerak seirama. Bahkan, proses pengambilan nafasnya pun harus cepat.

Nah, macam-macam gaya renang juga tekniknya yang sudah kita bahas ini, selain untuk olahraga, kamu juga bisa menggunakannya untuk berlatih. Beberapa gaya renang di atas sering dipertandingkan dalam perlombaan cabang olahraga renang. Kuasailah teknik yang baik, dan teruslah berlatih. Asupan makanan yang bernutrisi pun tentunya dapat menunjang tubuh. Mengingat kita akan terus berada dalam air dengan suhu lebih rendah dari biasanya, maka pastikan selalu tubuh selalu dalam keadaan sehat. Informasi lainnya mengenai gaya renang juga bisa kamu lihat di https://penjaskes.co.id/.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*