3 Cara Menjaga Keamanan Data Perusahaan Dari Penggunaan Accounting Software Indonesia

Suatu bisnis yang dijalankan tentu memiliki pesaing yang ingin menjatuhkan anda. Cara yang dipakai untuk menjatuhkan bisa dilakukan dari berbagai sektor, salah satunya dari data perusahaan. Salah satu cara menjaga data dengan memakai Accounting Software Indonesia agar data transaksi dan keuangan perusahaan tidak bocor. Berikut tips jitu menjaga data bisnis anda aman.

Cara Menjaga Data Perusahaan Tidak Bocor

1. Perpanjang Password

Masuk ke dalam suatu aplikasi atau software tertentu dilengkapi dengan username dan password. Hal ini yang sering kali luput dari perhatian yaitu password yang dipakai untuk mengamankan data perusahaan. Hindari memakai kata atau paduan kata dan angka yang mudah diingat atau dideteksi oleh orang luar agar keamanan tetap terjaga.

Selain itu, hindari penggunaan tanggal lahir, tanggal berdirinya perusahaan, atau deretan angka dan huruf yang berurutan. Hal ini memudahkan para hacker yang ingin membobol sistem keamanan atau software yang anda gunakan. Solusi yang tepat untuk anda, yaitu gunakan campuran kata, angka, huruf kapital, dan karakter unik agar tidak mudah dibobol.

2. Terapkan Hak Akses

Berikan batasan kepada mereka yang bisa mengakses data yang tersimpan di perangkat lunak akuntansi tersebut. Accounting software Indonesia besutan Soltius ini dapat diatur siapa saja yang bisa mengaksesnya. Dengan begitu, tidak semua orang bisa melihat kondisi keuangan perusahaan dan dapat menjadi mata mata yang membocorkan data keuangan.

Hal ini merupakan fitur keamanan yang disematkan oleh pengembang software agar para pengguna merasa lebih aman. Fitur transparansi laporan keuangan memang ada dan sangat penting. Akan tetapi, bukan berarti laporan keuangan dapat dilihat oleh karyawan yang tidak berkepentingan atau bertanggung jawab di bidang keuangan.

3. Tidak Membuka Email Tidak Dikenal

Cara yang digunakan oleh para hacker sudah sangat canggih, karena teknologi yang saat ini terus berkembang. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pembobol ini dengan mengirim email ke pemilik sistem keamanan. Pesan elektronik ini berisi pancingan untuk membuka email karena dilengkapi dengan subjek yang menarik perhatian, seperti pemberian hadiah atau potongan harga.

Akan tetapi, justru pemilik usaha yang akan dibuat geram dan heran lantaran kecanggihan hacker tersebut. Di dalam email telah dilengkapi suatu kode program yang dapat masuk ke Accounting Software Indonesia yang anda gunakan. Dengan begitu, para pembobol ini bisa melihat data keuangan atau transaksi yang telah dilakukan untuk kemajuan bisnis anda.

Berbagai cara dilakukan untuk menjatuhkan pesaing, salah satunya dengan membobol sistem keamanan. Bagi yang memakai software akuntansi, anda perlu menerapkan tiga cara jitu ini agar data transaksi tidak diketahui pihak luar. Beberapa caranya, antara lain gunakan password unik, terapkan batasan akses, dan hindari membuka email tak dikenal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*